17an Di Gunung Tambora

dalam rangka menyambut Hari Konsevasi Alam Nasional 2018 dan HUT RI ke-73 BTN Tambora menggelar sejumlah acara di Jalur Pendakian Piong, Bima. Dua moment itu merupakan agenda yang penting di bulan ini.

Bertempat di Pos 1 Jalur Pendakian Piong, rencananya BTN Tambora akan mengadakan acara Kemah Bakti Konservasi, Sosialisasi Pengelolaan Taman Nasional, Pendidikan Anak Usia Dini, Pembacaan Teks Proklamasi, hingga minum madu asli hutan Gunung Tambora. Ada pula penanaman pohon selama hidup dan penggalangan dana untuk korban gempa di Lombok.

Gunung Tambora
Gunung Tambora

Acara akan dihelat pada tanggal 16 sampai dengan 17 Agustus 2018. Untuk acara pendakian akan ada pengibaran bendera merah putih sepanjang 73 meter, tetapi masih menunggu kabar dari Pos pengamatan Gunung Api Tambora.

“Kegiatan pendakian dan pengibaran bendera merah putih sepanjang 73 meter pada tanggal 17 Agustus 2018 mendatang akan menunggu kabar dan koordinasi kita dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Api Tambora”, ucap Kepala BTN Tambora, Agus Budi Santosa.

Pengibaran bendera ini masih menunggu keadaan aman. Hal itu dikarenakan pasca gempa Pulau Lombok beberapa hari terakhir memberi dampak kepada Gunung Tambora, yakni terjadi beberapa longsoran di bibir kaldera.

Gunung Tambora
Gunung Tambora

Jalur Pendakian Piong sendiri dipilih sebagai tempat penyelenggaraan karena selain kemudahan akses menuju tempat ini, juga untuk mempromosikan potensi-potensi wisatanya. Jalur yang terletak di Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Bima ini merupakan salah satu dari 2 jalur yang ada di kabupaten tersebut.

Pada acara tersebut rencananya akan diikuti oleh 500 orang yang berasal dari Pemda Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, hingga komunitas pecinta alam Tambora. Diharapkan acara tersebut dapat memberi manfaat bagi peserta yang mengikuti dan masyarakat sekitarnya.